Sabtu, 09 Maret 2013

Kuliner Paling Khas di Purwokerto


Kota Purwokerto banyak sekali mempunyai makanan/jajanan khas yang bercita rasa yang sangat khas dan berbeda dengan kota-kota lainnya. Beberapa di bawah ini adalah makanan khas yang dapat Anda temui di berbagai sudut di Kota Purwokerto dan bisa Anda jadikan menu pilihan bilamana Anda berkunjung atau singgah di Kota Purwokerto.

MENDHOAN
Makanan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis, kemudian digoreng setengah matang dengan tepung yang diberi bumbu.
Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar per bungkus. akan tetapi tempe mendoan juga dapat dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis namun lebar.





GETHUK GORENG SOKARAJA
Getuk Goreng Sokaraja adalah makanan khas berbahan singkong yang amat terkenal walaupun berasal  dari kota kecil di kota Purwokerto-Banyumas, cara membuatnya pun tidak teramat sulit hanya dibutuhkan ketelatenan dan tenaga untuk menghancurkan dan melumatkan singkong dengan bahan lainnya. Apabila anda berkujung ke sentra pembuatan Getuk yang berada disepanjang jalan di Sokaraja, anda akan disuguhi toko-toko Getuk yang berada dikiri kanan jalan serta Aroma wangi Getuk hangat yang mengundang anda untuk segera mencicipi.
Dan apabila anda beruntung Anda pun diperbolehkan melihat proses pembuatannya yang dikerjakan secara tradisional oleh beberapa orang, memang diperlukan tenaga yang cukup untuk melumat singkong rebusnya. 


KERIPIK TEMPE
Anda mungkin pernah atau bahkan sering menjumpai keripik tempe di kota Anda. Memang, keripik tempe bukan hanya berasal dari Purwokerto saja. Tapi, Purwokerto adalah Kota Keripik, dimana keripik tempe khas Purwokerto berbeda dengan keripik tempe dari daerah lain. 
Keripik tempe Purwokerto dibuat dari tempe yang dibuat secara tradisional dengan tipis dan berbungkus daun untuk menjaga cita rasa. Kemudian tempe tipis tadi dibalut dengan tepung khusus yang diracik dengan bumbu-bumbu khas dan kemudian digoreng dengan minyak panas sampai benar-benar kering.

Beda keripik tempe dengan mendoan adalah pada proses penggorengannya. Jika mendoan digoreng hanya sebentar (tidak sampai kering), maka keripik tempe digoreng dan ditiriskan ( tiga kali penggorengan)  sampai benar-benar kering agar mendapatkan hasil keripik tempe yang kering dan crunchy. Keripik tempe ini dapat bertahan hingga lebih dari 1 bulan, sedangkan mendoan hanya bertahan 1 hari.

KEONG KUAH PEDAS
Bagi petani, keong sering kali menjadi momok karena keberadaannya menjadi hama tanaman padi. Namun di Purwokerto, keong justru bisa dimasak dan dinikmati layaknya masakan biasa. Makanan ini terbuat dari bahan utama keong sawah yang dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu kuat yang memberi nuansa pedas dan segar hingga ke tenggorokan.
Sebelum diolah, cangkang keong dipecahkan untuk membuang kotorannya. Setelah itu keong direndam selama satu malam. Bumbu yang digunakan mirip dengan bumbu rica-rica, yang terdiri dari cabai, kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan aneka rempah termasuk jahe. Setelah itu, keong yang sudah direndam dicuci bersih dan dimasak bersama bumbu selama 4 jam agar meresap.
Konon, menurut para peneliti keong banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh.



DAGE
Dage adalah  makanan sebagai varian tempe dengan campuran material kelapa yang digumpalkan dan dijamurkan. Dage pada umumnya makan makanan kecil atau sarapan yang ditemani oleh cabai rawit atau lombok cengis . Makanan ini biasanya menjual digoreng dage bersama dengan menggoreng pisang (gedhang) goreng, dan menggoreng ubi manis atau munthul goreng. 

TEGEAN
Sebutan khas Banyumas untuk sup sayur berkuah bening yang tampak sangat sederhana namun sangat menyegarkan. Sayur-mayur berupa bayam, kecambah kedelai hitam, daun katuk, dan kedelai hitam butiran lazim menjadi unsur utama masakan ini. Untuk bumbunya, selain bahan-bahan yang lazim seperti bawang merah dan bawang putih, tegean juga bercirikan dengan “geprekan” kencur yang sangat menyegarkan.




SOTO SOKARAJA


Soto Sokaraja atau Sroto Sokaraja adalah makanan khas dari Indonesia yang berbeda dengan soto-soto dari daerah lain di Indonesia.
Ciri utama Soto ini adalah penggunaan sambal kacang, ketupat dan juga taburan kerupuk warna-warni yang sudah diremukkan, sehingga membuat makin meriah warna dari soto sokaraja ini.
Rasa kuah soto sokaraja ini menawarkan rasa campuran dari kaldu ayam/sapi, sambal kacang dan kecap manis yang sangat kental serta mengenyangkan.
(satria tv.com/kuliner/001)

2 komentar:

  1. kangen mboke nang ndesa dadi lah..
    eling seger madang tegean godong muntul sambel trasi karo tempe dage goreng...

    BalasHapus
  2. Mboke neng ngendi ya deneng durung gutul2

    BalasHapus